Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Cutting Sticker

Pertama-tama marilah kita berkenalan dulu dengan istilah cutting sticker. Cutting Sticker merupakan sticker yang dipotong sesuai design menggunakan mesin potong otomatis. Prosesnya kita harus punya design dalam format vector lebih dulu (kalau tidak bisa design sendiri biasanya disediakan/dibuatkan designnya oleh toko sesuai selera), baru kemudian lembaran sticker polos dimasukkan ke mesin potong untuk diproses sedemikian rupa hingga hasil jadinya sangat presisi.

Tapi tergantung kualitas mesinnya juga…. kalau bagus akan konsisten presisinya.

bikin cutting stiker di denpasar

Cutting sticker untuk aksesoris

 

Cutting sticker biasanya dipakai untuk membuat sticker-sticker yang sewarna saja seperti logo, tulisan, atau membuat stripping variasi mobil dan motor. Kalau untuk gambar yang lebih kompleks seperti foto, atau gambar gambar yang ada gradasinya, tidak bisa pakai cutting sticker saja. Tapi designnya harus diprint dulu menggunakan digital printing diatas sticker polos putih, baru kemudian ada 2 opsi, langsung ditempel atau perlu dipotong lagi pakai mesin cutting.

modifikasi sticker di bali

Cutting sticker untuk stripping modifikasi mobil

II. Jenis Bahan Cutting Sticker

Ada 2 jenis material cutting sticker yang sering kita temui antara lain :

A. Berdasarkan sifat pantulan cahaya

1. Biasa

pasang sticker denpasar

Material non reflective merk oracal

Material jenis ini biasa saja dalam artian tidak terang pada malam hari karena sifatnya yang tidak memantulkan cahaya. Dipakai untuk neon box, sticker logo, tapi juga banyak dipakai untuk branding mobil atau wrapping mobil

2. Reflective Sheet

cutting sticker di denpasar

perbandingan reflective sticker jika kena cahaya

Bedanya dengan material biasa, sesuai namanya sticker jenis ini memantulkan cahaya dan lebih jelas terlihat saat malam hari. Biasanya digunakan untuk rambu lalu lintas, safety sign pada proyek kontruksi, dan banyak juga yang menggunakan pada mobil dan motor supaya terlihat lebih keren saat malam.

B. Berdasarkan tempat pemakaian

  1. Indoor biasanya menggunakan syntetic vinnyl indoor
  2. Outdoor menggunakan syntetic outdoor

III. Perbandingan cutting sticker dan printing sticker

Kelebihan cutting sticker :

  • Lebih tahan lama dan tidak mudah pudar
  • Untuk jenis bahan vinyl merk ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bisa tahan hingga 5 tahun
  • Untuk jenis fosfor dan scotchlite bisa bercahaya dalam gelap (glow in the dark)
  • Sifatnya yang cut contour lebih fleksibel diaplikasikan ke berbagai media

Kelemahan cutting sticker:

  • Tidak bisa untuk warna gradasi
  • Proses design cukup rumit karena harus design dulu dlm bentuk vektor
  • Proses pemasangan cukup lama karena harus melepas bagian sticker yg tidak perlu, dan untuk penggabungan beberapa warna dilakukan manual dari hasil cutting beberapa lembar sticker

IV.Daftar merk2 bahan sticker

Untuk yang reflective antara lain:
– 3M
– Kiwalite
– Rexlite
– Seicholite
– Xlite

Untuk bahan biasa:
– Oracal

Demikianlah sekilas mengenai cutting sticker dan jenis bahan menurut penggunaan. Untuk lebih detail akan dibahas satu persatu dalam artikel yang lainnya. Dhocut Sticker menyediakan jasa pembuatan berbagai macam cutting sticker baik untuk indoor, outdoor, interior, maupun wrapping dan branding mobil di denpasar bali dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau. silakan konsultasikan kebutuhan sticker anda kepada kami, insyaallah akan kami bantu menyediakan solusi yang tepat dan efektif untuk kebutuhan anda.